Pasar Animasi


By : Muhamad Zain Amin
image by : lingkarlsm.com



Dalam indutri bisnis dibidang animasi yang dapat dijual tidak hanya sebuah karya film animasi saja. Berikut diantara bidang-bidang yang berhubungan dengan industri animasi.

“PENULIS CERITA”
Jika kamu memiliki kemampuan mengarang sebuah cerita, kamu bisa berfokus dibidang ini. Karena, kadang animator ada yang tidak memiliki kemampuan ini karena berfokus dibidangnya. Sebuah cerita sangat penting dalam animasi. Meskipun ada animasi yang tidak memiliki alur cerita namun tidak memiliki alur cerita itu adalah sebuah cerita juga. Cerita yang kamu buat bisa di jual ke studio-studio animasi dengan menawarkannya secara langsung dan memberikan presentasi tentang cerita yang kamu buat itu. Kamu bahkan bisa di ajak menjadi anggota studio animasi tersebut jika cerita yang kamu buat sangat menarik bagi mereka.

“DESAIN KARAKTER”
Karakter adalah hal yang harus ada di sebuah animasi. Baik itu karakter manusia, karakter hewan, karakter tumbuhan, dan karakter benda. Dalam mendesain sebuah karakter kamu juga harus membuat penjelasan tentang latarbelakang ataupun asal-usul karakter tersebut. Dalam membuat karakter kamu harus menggambar karaktermu tersebut dalam posisi depan, belakang, ¾, dan samping. Kamu juga harus menggambar ekspresi wajah karakter yang kamu buat saat senang, sedih, marah, kaget , dan takut. Serta kamu harus membuat gambar karakter kamu saat sedang melakukan sesuatu. Kamu bisa menjualnya disitus online yang menyediakan tempat penjualan karakter. Karakter yang kamu buat akan lebih menarik minat dan bernilai jual tinggi jika kamu juga membuat karakter pendamping (teman-temannya).

“DESAIN BACKGROUND”
Bagi kamu yang menyukai gambar pemandangan, bidang ini bisa kamu dalami. karena sebuah studio juga membutuhkan seorang yang dapat membuat background yang luar biasa. jika menjadi seorang desain background kamu biasanya bisa bekerja dirumah saja. Karena terkadang studio yang menjadi partner kamu berada di daerah yang sangat jauh dan mereka hanya mengirimkan tugas yang harus kamu kerjakan lewat email. Dalam bidang ini bukan hanya yang menyukai menggambar pemandangan saja. Namun menggambar interior rumah dan bangunan juga dibutuhkan dalam bidang ini.

“PEMBUAT STORYBOARD”
Seorang animator dan juga seorang penulis cerita membutuhkan seorang pembuat storyboard. Bagi seorang animator storybord dibutuhkan untuk membantunya membuat sebuah animasi yang luar biasa. sehingga mereka akan mencari seorang pembuat storyboard yang mengerti bagaimana posisi dan pergerakan kamera nantinya yang akan membuat karakter di animasi tersebut menjadi lebih karismatik. Namun bagi seorang penulis cerita, storyboard digunakannya untuk membantunya dalam menjual cerita yang dia miliki. Namun tidak semua melakukannya karena hal ini hanya dijadikan sebagai pelengkap saja.

“PENGISI SUARA”
Tidak hanya desain karakter saja yang harus memiliki ciri khas namun suara mereka juga harus bisa menggambarkan bagaimana karakter tersebut. Jadi kalau kamu memiliki suara yang unik bisa mencari lowongan yang membutuhkan seorang pengisi suara. Namun tidak hanya yang memiliki suara unik saja yang dibutuhkan. Terkadang suara asli kamu tanpa mengubahnya juga dibutuhkan karena dianggap cocok dengan khas karakter dari animasi yang akan dibuat. Jadi bidang ini juga menjanjikan jika ingin didalami.

“PEMBUAT INBETWEEN”
Studio animasi yang cukup besar pasti membutuhkan seorang yang berfokus dibidang ini. Karena semakin banyak seorang pembuat inbetween akan membantu studio tersebut dalam mengejar deadline mereka. Seorang inbetween harus mengerti perinsip gerak pada animasi. Diantaranya : secondery action, straching, squashing, dan lainnya. Dalam animasi 2D kita harus menggambar setiap proses gerakan. Sementara animasi 3D kita menggerakkan sebuah model 3D menggunakan aplikasi 3D, kemudian memberi key disetiap awal dan akhir proses gerakan tersebut.

“MODELER”
Dalam animasi 3D mendesain sebuah karakter disebut modeling. Awalnya kita juga menggambar karakter dikertas biasa dalam posisi depan, samping dan belakang saja. setelah itu di input kedalam komputer dan melanjutkan nya menggunakan aplikasi 3D unuk modeling. Di aplikasi ter sebut juga kita membuat ekspresi serta pose action model tersebut. Dalam bidang ini kita membutuhkan ketelitian yang lebih. Karena model yang kita buat harus memiliki polygon yang sedikit mungkin agar saat digunakan tidak terlalu menggunkan banyak ram pada komputer yang membuat proses rendering semakin lama.

Beberapa bidang diatas adalah yang paling sering dibutuhkan dalam dunia industri animasi. Karena animasi adalah bisnis masa depan. Saat ini tayangan di televisi tidak ada yang tidak menggunakan animasi. Seluruh iklan yang di tayangkan semua menggunakan animasi. Baik itu seluruhnya ataupun hanya bagian awal atau akhirnya saja. kita tidak akan terpisahkan dari industri animasi jika berhubungan dengan multimedia.

Bayaran yang kita dapat tidak bisa dibilang sedikit jika sudah masuk dalam industri animasi. Karena animasi membutuhkan kreatifitas dan kreatifitas yang berkualitas tidak semua orang memilikinya, dan membutuhkan tenaga lebih karena harus menatap monitor komputer setiap saat. Tidak ada pekerjaan yang mudah jika kita menjalankannya dengan terpaksa. Mengerjakan yang kita suka adalah hal yang membuat semuanya terasa mudah. Cintailah pekerjaanmu atau bekerja dibidang yang kamu suka.
Unknown Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar